Drama merupakan salah satu bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia. Mulai
dari kelas dasar (sekitar kelas 4 SD) hingga SLTA pasti terdapat materi drama
dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain untuk melatih kecakapan siswa dalam
mengekspresikan diri juga bisa menumbuhkan jiwa seni dalam diri siswa.
Berikut ini adalah contoh teks drama sekolah 4 orang:
JUDUL: NILAI DARI SEBUAH KEJUJURAN
PEMAIN:
Guru
Murid 1
Murid 2, ketua kelas
Murid 3
Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan
mendadak serta mengumpulkan tugas.
Guru: Anak - anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin.
------
Murid 1: karya tulis dikumpulkan berdasarkan tema atau berdasarkan kelompok
saja Bu?
------
Guru: berdasarkan kelompok saja..ayo ketua kelas dikumpulkan tugas karya
tulis teman - temannya
(kemudian ketua kelas berjalan keliling mengumpulkan tugas karya tulis
teman-temannya)
------
Guru: Karena ini merupakan tugas perorangan yang dikerjakan secara
berkelompok, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi dari karya tulis dan
keragan tema serta isi tulisan dalam satu kelompok.
------
Guru: Ayo kalau sudah selesai mengumpulkan tugas, masukkan tas dan buku
kalian semua. Ibu akan mengadakan ulangan mendadak.
------
Murid 3: Hah, ulangan apa lagi bu? baru saja 2 hari yang lalu diadakan
ulangan
------
Guru: ketua kelas, tolong dibagikan kertas folio ini ke semua siswa.
------
Murid 2: baik bu (sambil berjalan membagikan kertas folio. Suasana ruang
kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang diadakannya
ulangan mendadak ini)
------
Guru: pada ulangan kali ini, Ibu ingin kalian menulis ulang tentang inti
dari karya tulis yang kalian buat. Tulis garis besarnya saja beserta pokok -
pokok kesimpulannya. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan ulangan ini adalah
20 menit yang dimulai dari sekarang
(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan bu guru
sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. Ibu guru menemukan
keanehan pada tugas karya tulis milik murid 1 dimana isinya sama persis dengan
karya tulis milik murid 3. Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan
dikumpulkan)
------
Guru: baiklah silakan kalian istirahat. Tolong murid 1 dan murid 3 tetap
disini, Ibu mau bicara
(semua siswa keluar ruang kelas kecuali murid 1 dan murid 3)
------
Guru: Ibu minta kalian berdua jujur kepada Ibu. Kenapa isi tugas karya
tulis kalian bisa sama persis, bahkan untuk titik dan komanya sekalipun.
------
Murid 1: saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu
------
Murid 3: saya juga mengerjakan karya tulis saya sendiri
------
Guru: Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? bisa menjelaskan ke ibu?
(lama murid 1 dan murid 3 terdiam)
------
Guru: baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak
mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi
------
Murid 3: maaf bu. Kalau saya jujur, apakah kalau saya berkata jujur maka
ibu akan memaafkan saya?
------
Guru: Ibu lebih menghargai sebuah kejujuran daripada harus melihat anak
didik ibu melakukan hal yang tidak jujur.
------
Murid 3: saya mendapatkan materi untuk tugas karya tulis dari internet bu.
Saya langsung copy paste dan tidak saya baca lagi. Itulah mengapa ulangan tadi
tidak sama dengan isi karya tulis saya
------
Guru: baiklah, alasan bisa ibu terima
------
Guru: trus kamu murid 1, ada yang bisa dijelaskan ke ibu?
------
Murid 1: saya minta tolong adik saya mengerjakan tugas karya tulis itu bu.
Dan kelihatannya dia mencari sumber dari internet. Maaf bu. Saya berjanji tidak
akan mengulanginya lagi
------
Guru: Baiklah kalau begitu. Tugas karya tulis dan ulangan kalian ibu
kembalikan. kalian harus membuat karya tulis lagi dan dikumpulkan dalam 3 hari.
Setelah itu, kalian harus mengikuti ulangan susulan yang materinya masih akan
ibu pikirkan.
------
Murid 1 dan Murid 3: baik bu
------